1. Home
  2. /
  3. tips
  4. /
  5. 6 Cara Menghilangkan Jamur di HP dengan Mudah

6 Cara Menghilangkan Jamur di HP dengan Mudah

Mungkin sedikit atau bahkan jarang dari kita yang menyadari adanya potensi sumber penyakit yang sangat dekat dengan kita, ada yang tau gak apa itu?. Yups benar, benda itu adalah hp yang teman-teman selalu pegang dan tidak pernah lepas darinya. Lho, kenapa dikatakan sumber penyakit?. Tau gak kalian berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh London School of Hygiene & Tropical Medicine pada tahun 2011 menyebutkan bahwa layar hp sangat kotor bahkan lebih kotor dari toilet rumah. Wah pasti pada kaget nih ya dan baru tau kalau layar hp itu lebih kotor dari toilet. Saya juga awalnya menganggap ini terlalu berlebihan tetapi setelah dipikir-pikir mungkin ada benarnya juga karena hp itu selalu dibawa kemana-mana ketika kita keluar rumah, kadang-kadang kita taruh di tempat-tempat yang kita tidak tau kebersihannya. Nah mungkin yang menjadi penyebab hp itu lebih kotor karena hp tersebut tidak pernah dibersihkan sama sekali dari sejak awal kita pakai, jadi logis juga sih hasil penelitian tersebut.

Coba saya tanya teman-teman sekalian sebelum membaca artikel ini, ada tidak yang secara rutin membersihkan layar hp nya karena alasan kebersihan. Mungkin sekarang ada yang menjawab iya tapi saya yakin bukan karena sudah sadar jika layar hp itu kotor tetapi karena takut virus corona kan? hehehe, karena saya juga melakukannya karena alasan tadi. Seandainya tidak terjadi pandemi mungkin sampai saat ini layar hp saya tidak pernah saya bersihkan dengan alkohol atau sanitizer. Jika mau membuktikan perkataan saya ini coba deh buka casing hp teman-teman dan lihat bagian belakang hp yang selalu tertutupi casing pasti ada noda putih keabu-abuan kan ya, hehehe, kalau merasa tidak ada, coba deh perhatikan sekali lagi dengan teliti, jika sudah ketemu, nah itulah yang namanya jamur, nah itu adalah bukti kalau hp teman-teman tidak pernah dibersihkan selama ini.

Cara Menghilangkan Jamur di HP

Jamur atau apapun yang menempel di hp kita seperti kuman atau bakteri tentu menjadi masalah seandainya mencemari makanan yang kita makan melalui tangan yang sebelumnya menyentuh hp yang tercemari kotoran ini lalu masuk ke dalam perut kita. Hal ini akan menyebabkan sakit perut atau penyakit-penyakit lain yang berbahaya yang tentunya sangat tidak kita inginkan. Oleh karena itu hendaknya kebersihan hp menjadi perhatian serius buat kita dan orang-orang yang kita sayangi apalagi sekarang kita sudah pada tau alasannya dari membaca postingan ini.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menghilangkan jamur di hp. Sebenarnya sudah banyak artikel yang membahas tentang ini tapi saya ingin mencoba menuliskan kembali dengan lebih sederhana dan mudah dipahami sehingga kita sama-sama bisa mengetahui dan mempraktekan salah satu cara dari beberapa cara yang ada dan menjadikan aktifitas ini sebagai rutinitas secara berkala, agar kita selalu terhindar dari berbagai penyakit yang terkadang kita tidak sadari sumber penularannya.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk membersihkan layar hp agar terbebas dari jamur, bakteri, atau kuman lainnya. Anda bisa memilih cara mana yang menurut teman-teman yang paling gampang dan mudah. Tapi saya yakin semua bahan yang bisa dipakai disini umumnya tersedia di rumahan. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di HP.

Baca juga artikel Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark

Memakai Hand Sanitizer

Di masa pandemi corona ini, hampir semua orang memiliki Hand Sanitizer di kantong sakunya, karena ini adalah salah satu cara untuk melaksanakan anjuran dalam menaati protokol kesehatan yaitu mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer. Kita bisa menggunakan Hand Sanitizer untuk membersihkan casing maupun layar maupun bagian belakang HP. Terlebih dahulu siapkan kain halus dan tuang beberapa tetes kemudian gosok-gosok pada permukaan hp atau casing yang akan kita bersihkan, lalu keringkan dengan kain bersih.

Menggunakan Alkohol

Saya sendiri biasanya menggunakan alkohol baik untuk membersihkan tangan maupun barang-barang yang biasa saya pakai ketika saya berada di luar rumah. Sama halnya seperti cara kita menggunakan Hand Sanitizer untuk menghilangkan jamur di HP, kita bisa membersihkan layar HP atau casing dengan meneteskan beberapa tetes alkohol pada kain bersih yang lembut kemudian diusap-usapkan pada layar hp atau bagian luar hp atau casing yang ingin kita bersihkan sampai hilang nodanya lalu kemudian keringkan.

Pakai Hand Wash

Kita juga bisa menggunakan sabun cuci tangan atau hand wash yang mengandung anti septik untuk membersihkan HP. Kita mesti hati-hati ketika menggunakan Hand Wash ini sehingga jangan sampai dalam proses pembersihan, hp kita justru kemasukkan zat atau air melalui lobang speaker atau yang lainnya. Kita harus pelan-pelan saat menggunakan bahan-bahan tersebut sehingga tidak malah merusak HP yang akan kita bersihkan.

Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi ternyata memiliki fungsi lain selain untuk membersihkan gigi loh. Yups, benar ternyata pasta gigi bisa juga dipakai untuk menghilangkan jamur yang menempel pada permukaan HP maupun casing. Silahkan teman-teman coba karena saya sendiri belum pernah menggunakan ini, saya dapat referensi ketika mencoba mencari bahan-bahan alternatif untuk membersihkan jamur pada HP.

Menggunakan minyak kayu putih

Sebelumnya saya cuma mengetahui kalau minyak putih hanya dipakai untuk bayi atau anak-anak balita untuk menghangatkan badan tapi ternyata minyak kayu putih begitu kaya khasiat. Minyak kayu putih mengandung bahan kimia seperti cineole, linalool, dan terpineol yang bisa memberikan sensasi hangat ketika dioleskan dan juga memiliki manfaat lainnya seperti mengobati luka kecil, meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat, bahkan katanya bisa mencegah infeksi virus corona. Selain manfaat yang tadi disebutkan ada satu lagi kegunaannya yaitu bisa dipakai untuk membersihkan hp agar terbebas dari jamur.

Pakai Tisu Basah

Yang terakhir yang bisa digunakan untuk membersihkan hp dari jamur, kuman, atau bakteri yaitu dengan menggunakan tisu basah dikarenakan didalamnya memiliki anti septik yang bisa membunuh bakteri dan sejenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *