1. Home
  2. /
  3. teknologi
  4. /
  5. Bahasa Pemrograman Paling Populer

Bahasa Pemrograman Paling Populer

Bahasa Pemrograman Terpopuler

Ada banyak bahasa pemrograman saat ini yang bisa kita gunakan untuk membangun suatu perangkat lunak atau aplikasi. Tentunya pemilihan bahasa yang akan digunakan tergantung pada aplikasi yang akan dibangun karena memang segmentasi penggunaan dari bahasa tersebut bervariasi.

Sebagai contoh, jika kita ingin membangun aplikasi berbasis web maka kita bisa memilih PHP karena memang bahasa ini lebih populer diperuntukkan untuk membuat halaman web yang dinamis, walaupun sebenarnya ada bahasa pemrograman lain yang bisa kita gunakan seperti ASP, Ruby on Rails, bahkan Python atau Java juga mendukung pembuatan aplikasi ini.

Perkembangan bahasa pemrograman yang signifikan saat ini ditandai dengan bermunculannya bahasa pemrograman modern yang baru seperti Kotlin dan Golang, itu tidak lain dikarenakan pihak pengembang ingin menawarkan suatu bahasa yang lebih mudah digunakan, efektif dan efisien, serta menambal celah atau kelemahan yang ada pada bahasa saat ini.

Dari beragamnya bahasa pemrograman tersebut, beberapa diantaranya memiliki pengguna yang sangat banyak dibandingkan dengan yang lainnya atau dengan kata lain masuk ke dalam daftar bahasa pemrograman terpopuler di dunia.

Berikut daftar bahasa pemrograman paling populer yang paling banyak digunakan di seluruh dunia saat artikel ini ditulis berdasarkan dari sebuah website pemeringkat bahasa pemrograman.

Baja juga artikel https://airgading.com/programmer-terbaik-dunia/

7 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia

Python

Penggunaan python yang luas sebagai bahasa pemrograman pada teknologi modern seperti Artificial intelligence, Machine Learning atau Internet of Things telah menjadikan bahasa ini semakin populer dikalangan para pengembang perangkat lunak.

Python adalah bahasa pemrograman intrepretatif yang bisa dijalankan dibanyak platform. Bahasa ini dirancang untuk berfokus kepada tingkat keterbacaan kode sehingga sangat mudah dipelajari oleh pemula sekalipun dan sangat cocok dipakai dalam pengembangan perangkat lunak atau aplikasi yang kompleks.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk membangun halaman website yang interaktif. Pada awalnya kode javascript hanya bisa dieksekusi di sisi client (client side) atau browser tetapi pada saat ini, karena engine JavaScript bisa dipasang di perangkat lunak lainnya seperti server, maka kode bahasa ini sekarang bisa juga dieksekusi di sisi server (server side).

Dengan bertambahnya kemampuan sebagai server side scripting, membawa bahasa ini kepada penggunaan yang luas dalam membangun berbagai aplikasi sehingga menjadikannya semakin populer beberapa tahun belakangan ini.

C/C++

Dari 7 bahasa pemrograman populer ini, bahasa C adalah bahasa pemrograman yang paling tua yang dibuat pada tahun 1970-an. Bahasa ini juga disebut sebagai bahasa induk karena dipakai untuk membangun bahasa pemrograman lainnya seperti Lisp, Visual Basic, Pascal, COBOL, Turbo pascal 7.0, PL/1, ADA, Ruby, MATLAB dan sebagainya.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering dipakai untuk membangun software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer.

C++ merupakan pembaharuan C yang salah satunya agar bahasa C ini bisa mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek.

R

R adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam bidang statistika. Bahasa ini dijadikan standar oleh para statistikawan dalam pengembangan perangkat lunak statistika dan analisa data.

R menyediakan berbagai teknik statistika (permodelan linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, klasterisasi, dan sebagainya) serta grafik. R dirancang sebagai bahasa komputer dan mengizinkan penggunanya untuk membuat fungsi tambahan dengan mendefinisikan fungsi baru. Kelebihan dari R yang lain adalah fasilitas grafiknya, yang menghasilkan grafik dengan kualitas publikasi yang dapat memuat simbol matematika. 

MATLAB

MATLAB adalah kependekan dari Matrix Laboratory yakni sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat. MATLAB memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritma, pembuatan antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa lainnya.

MATLAB pertama kali diadopsi oleh insinyur rancangan kontrol tetapi kemudian menyebar secara cepat ke berbagai bidang lain sehingga saat ini juga digunakan di bidang pendidikan, khususnya dalam pengajaran aljabar linear dan analisis numerik, serta populer di kalangan ilmuwan yang menekuni bidang pengolahan citra.

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis OOP (Object Oriented Programming). Ruby dikembangkan dengan menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membangun sebuah bahasa scripting yang memiliki kemampuan orientasi objek. Pada saat itu pemrograman berorientasi objek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman objek.

Saat ini, Ruby telah berkembang diseluruh dunia. Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard pada Bulan Agustus tahun 2006 dan telah diluncurkan bulan Oktober 2007.

Groovy

Groovy adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang kompatibel dengan Java-syntax untuk platform Java. Ini adalah bahasa yang statis dan dinamis dengan fitur yang mirip dengan Python, Ruby, dan Smalltalk.

Mengenal Situs Pemeringkat Bahasa Pemrograman

Urutan peringkat di atas diperoleh dari situs statistictimes.com. Situs ini menggunakan TIOBE Index dan PYPL Index yang merupakan suatu konsep atau cara untuk menganalisis dan menghitung seberapa sering suatu bahasa pemrograman dicari pada search engines (mesin pencarian internet).

TIOBE Index : Peringkat TIOBE dihitung dengan menghitung hit dari mesin pencari paling populer. Dua puluh lima mesin pencari digunakan untuk menghitung indeks TIOBE. Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE merupakan indikator popularitas bahasa pemrograman. Indeks dimulai pada tahun 2001 dan diperbarui sebulan sekali.

PYPL Index : Popularitas PYPL dari Indeks Bahasa Pemrograman dibuat dengan menganalisis seberapa sering tutorial bahasa dicari di Google. Indeks diperbarui sebulan sekali.

Kesimpulan

Jika diperhatikan kembali peringkat bahasa pemrograman terpopuler di atas, kita tidak melihat dalam 7 besar tersebut bahasa Java atau PHP, padahal keduanya termasuk ke dalam bahasa yang banyak digunakan dalam beberapa tahun sebagai bahasa pemrogram android dan web dinamis.

Memang berdasarkan statistictimes, disebutkan bahwa Java, C dan PHP memiliki tren negatif dalam beberapa tahun terakhir. PHP berada di posisi ke-3 pada Maret 2010 sekarang di posisi ke-8. Posisi Java dan C tidak banyak terpengaruh, tetapi peringkat mereka terus menurun. Peringkat Java telah turun dari 26,49% pada Juni 2001 menjadi 10,43% pada Agustus 2021 dan C turun dari 20,24% pada Juni 2001 menjadi 12,57% pada Agustus 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *