1. Home
  2. /
  3. viral
  4. /
  5. Biografi Elon Musk sang CEO Tesla dan SpaceX

Biografi Elon Musk sang CEO Tesla dan SpaceX

Nama Elon Musk masuk ke dalam daftar tokoh yang paling banyak dicari selama tahun 2021. Sosok ini memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita karena seringnya namanya disebut sebagai orang terkaya di dunia saat artikel ini ditulis menurut majalah forbes. Dia berhasil menggusur Jeff Bezos maupun Bill Gates dari daftar puncak yang selalu menjadi langganan mereka berdua selama beberapa dekade terakhir sebelum munculnya sosok nyentrik yang satu ini. Makin penasaran saja dengan sosok satu ini, mari kita telusuri biografi Elon Mask dalam postingan kali ini.

Pada artikel ini kita tidak akan membahas tentang kekayaan seorang yang bernama Elon Musk tetapi yang akan kita bagikan lebih kepada bagaimana beliau bisa meraih kesemuanya itu popularitas dan kekayaan, dari yang tadinya tidak dikenal sama sekali sampai dengan sosok yang paling banyak ingin diketahui oleh masyarakat dunia.

Baca artikel lainnya https://airgading.com/aplikasi-edit-video-android-tanpa-watermark/

Saya secara pribadi sudah mengenal nama Elon Musk ini sejak lama walaupun belum mengetahui wajahnya yang mana karena dia ini merupakan salah satu pendiri alat pembayaran internet yang paling populer saat ini yaitu PayPal. Popularitasnya semakin menanjak manakala dia mengenalkan mobil ramah lingkungan sebagai mobil impian masa depan yaitu mobil listrik Tesla dengan menjadi pimpinan atau CEO Tesla dan puncak popularitasnya adalah keberhasilan dia bersama perusahaannya bernama SpaceX mengantarkan para astronot nasa ke stasiun luar angkasa yang mengembalikan kejayaan amerika serikat dalam perlombaan penjelajahan luar angkasa.

Musk telah berhasil mendirikan beberapa perusahaan populer di bidang teknologi yang sebagiannya tadi sudah disebutkan seperti SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa,Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif,OpenAI, SolarCity, Neuralink, termasuk juga perusahaan awal yang dia dirikan yaitu Zip2 dan PayPal.

Jika melihat masa kecil beliau dari wikipedia , Musk dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Dia lahir dari ayah yang berasalah dari Afrika Selatan dan Ibu dari Kanada. Dia dari kecil memang berbakat untuk komputer dan kewirausahaan. Saat usia 12 tahun, ia membuat video game dan menjualnya ke majalah komputer. Musk kemudian meninggalkan Afrika Selatan setelah memperoleh paspor kanada pada tahun 1998 dikarenakan dia tidak mau ikut wajib militer dan juga karena dia ingin mencari peluang ekonomi yang lebih baik di Amerika Serikat.

Setelah 2 tahun di Queen’s University, Musk pindah ke University of Pennsylvania. Dia mengambil dua jurusan sekaligus sehingga tidak ada waktu baginya untuk bermain dan bekerja. Musk lulus dengan gelar Bachelor of Science di bidang Fisika, serta Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari Wharton School. Kedua jurusan tersebut menentukan arah karir Musk di kemudian hari.

PayPal and SpaceX

Pada tahun 1995 Musk mendirikan Zip2, yaitu perusahaan yang menyediakan peta dan direktori bisnis untuk surat kabar online. Pada tahun 1999 Zip2 dibeli oleh produsen komputer Compaq seharga 307 juta dolar. Musk lalu mendirikan perusahaan jasa keuangan online X.com yang kemudian menjadi PayPal yang mengkhususkan dalam mentransfer uang secara online dimana pada tahun 2020 di jual ke eBay seharga 1.5 Miliar Dolar.

Pada tahun 2002 ia mendirikan Space Exploration Technologies (SpaceX) untuk membuat roket yang lebih terjangkau. Dua roket pertamanya adalah Falcon 1 (pertama kali diluncurkan pada 2006) dan Falcon yang lebih besar (pertama kali diluncurkan pada 2010), yang dirancang dengan biaya jauh lebih murah daripada roket pesaing. Roket ketiga, Falcon Heavy (pertama kali diluncurkan pada 2018), dirancang untuk membawa 117000 pon (53000 kg) ke orbit, hampir dua kali lipat dari pesaing terbesarnya Delta IV Heavy dari Perusahaan Boeing, dengan biaya sepertiga. SpaceX telah mengumumkan penerus Falcon 9 dan Falcon Heacy yaitu sistem Super Heavy – Starship. Tahap pertama Super heavy akan mampu mengankat 100000 kg ke orbit rendah Bumi. SpaceX juga mengembangkan pesawat ruang angkasa Dragon, yang membawa pasokan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Selain menjadi CEO SpaceX, Musk juga menjadi kepala desainer dalam pembuatan roket Falcon, Dragon dan Grasshopper.

Tesla

Biografi Elon Musk sang CEO Tesla dan SpaceX

Musk telah lama tertarik dengan mobil listri. Pada tahun 2004 ia menjadi salah satu penyandang dana utama Tesla Motor yang kemudian berubah nama menjadi Tesla, yaitu sebuah perusahaan mobil listri yang didirikan oleh pengusaha Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Pada tahun 2006, Tesla memperkenalkan mobil pertamanya, Roadster, yang dapat menempuh jarak 245 mil (394 km) dengan sekali pengisian daya. Tidak seperti kebanyakan kendaraan listrik sebelumnya, yang menurut Musk membosankan dan tidak menarik.

Pada tahun 2010, Tesla mengumpulkan 226 juta dolar dari penawaran umum perdana perusahaan. Dua tahun kemudian Tesla memperkenalkan sedan Model S, yang diakui oleh para kritikus otomotif karena kinerja dan desainnya. Perusahaan ini mendapat pujian lebih lanjut untuk SUV mewah model X, yang mulai dipasarkan pada tahun 2015. Model 3 yaitu kendaraan yang lebih murah mulai diproduksi pada tahun 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *