1. Home
  2. /
  3. teknologi
  4. /
  5. Cara Mengetahui WA Disadap dan Bagaimana Mencegahnya

Cara Mengetahui WA Disadap dan Bagaimana Mencegahnya

cara mengetahui wa disadap

Cara Mengetahui WA Disadap – Beberapa hari yang lalu ada dua teman dalam waktu yang berdekatan mengirim pesan di group whatsapp bahwa nomor whatsapp mereka disadap oleh orang lain. Tentu informasi ini menjadi alarm buat kita agar berhati hati jangan sampai menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan teman kita tersebut.

Para pelaku penyadapan tersebut biasanya memanfaatkan nomor orang lain untuk melancarkan aksi penipuan dengan berpura pura sebagai teman sehingga jika kita tidak begitu jeli, bisa saja kita termakan bujuk rayu pelaku.

Whatsapp sebagai aplikasi bertukar pesan terbesar di dunia dengan pengguna sekitar 2 milyar ini tentu menjadi daya tarik tersendiri para pelaku kejahatan dunia maya. Mereka berusaha untuk menemukan celah yang ada pada aplikasi tersebut sebagai jalan melancarkan aksi kriminal.

Sebagai aplikasi populer tentu whatsapp menyadari potensi ancaman ini dan berusaha untuk menutup segala celah kerentanan keamanan yang bisa mengakibatkan kerugian para pengguna sebagaimana klaim whatsapp bahwa privasi dan keamanan ada di dalam DNA kami.

Dihimpun dari berbagai sumber bahwa ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui nomor wa kita apakah sedang dibajak.

Berikut adalah 5 Cara Mengetahui WA Disadap

1. Menerima Kode OTP

Kode OTP adalah kode unik yang terdiri dari 6 Digit yang biasanya dikirimkan ke nomor yang didaftarkan dengan tujuan untuk memverifikasi keaslian pemilik nomor tersebut.

Jika Anda menerima kode OTP melalui SMS atau telepon dan bersamaan dengan itu keluar dari aplikasi whatsapp secara sendirinya, maka patut dicurigai nomor wa Anda sedang dibajak.

Agar nomor wa Anda tetap aman maka jangan sekali kali kode OTP tersebut diberitahu kepada orang lain karena nanti si pelaku pembajakan akan menghubungi Anda untuk meminta kode OTP tersebut.

2. Keluar dari Aplikasi Whatsapp Tiba Tiba

Sebenarnya ciri yang kedua ini masih berkaitan dengan ciri yang pertama. Apabila mendadak Anda keluar dari Aplikasi wa dengan sendirinya maka perlu diwaspadai nomor whatsapp Anda sedang mengalami penyadapan.

Perlu diketahui bahwa aplikasi whatsapp tidak mengizinkan digunakan di lebih dari 1 device dengan nomor hp yang sama. Jika itu dilakukan maka pengguna akan keluar dari aplikasi wa dengan sendirinya.

Apabila nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka akan muncul warning pada ponsel Anda dengan isi sebagai berikut:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Apabila Anda melihat warning seperti ini dan merasa tidak pernah mendaftarkan nomor pada perangkat lain, jangan tekan “OKE” agar nomor whatsapp Anda tidak pindah ke perangkat lain tetapi Anda harus klik “Verifikasi”.

3. Status Online

Maksud dari tanda yang ketiga ini adalah Anda melihat status online pada akun Anda padahal sebenarnya Anda tidak sedang menggunakan aplikasi Whatsapp. Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasi whatsapp teman Anda kemudian Anda lihat status akun Anda melalui whatsapp teman Anda tersebut.

Jika Anda mendapati status Anda Online padahal Anda tidak sedang membuka whatsapp maka patut dicurigai bahwa nomor wa Anda sudah dikloning oleh orang lain.

4. Kirim Pesan

Ketika Anda melihat ada pesan atau chat yang dikirimkan kepada orang lain sedangkan Anda merasa tidak pernah melakukannya maka ini menjadi salah satu tanda bahwa nomor wa Anda mungkin sudah dibajak oleh orang lain.

5. Pesan Terbaca

Pada aplikasi whatsapp, setiap pesan atau chatting yang kita kirimkan akan ada tanda centang pada bagian sebelah kanan bawah pesan. Tanda centang tersebut akan menunjukan status dari pesan yang kita kirimkan apakah pesan tersebut sudah sampai ke penerima, apakah pesan yang sudah diterima tersebut belum dibaca, atau apakah pesan yang sudah diterima tersebut sudah dibaca.

Jika tanda centang jumlahnya 1 dan berwarna abu-abu maka pesan kita tersebut belum sampai ke penerima. Jika tanda centang jumlahnya 2 dan berwarna abu-abu maka artinya pesan kita sudah diterima tetapi belum dibaca.

Sedangkan jika jumlah centang ada 2 dan berwarna biru maka artinya pesan kita tersebut sudah dibaca si penerima. Walaupun sebenarnya ada pengaturan di aplikasi untuk menyembunyikan tanda centang biru tetapi secara default adalah tanda centang biru untuk pesan yang sudah dibaca.

Apabila kita mendapati pesan yang diterima sudah bercentang biru padahal Anda merasa belum membuka pesan tersebut maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa nomor wa Anda sedang disadap.

Pada saat nomor whatsapp dibajak, maka pelaku bisa mengetahui setiap aktifitas yang kita bagikan melalui aplikasi whatsapp, pelaku juga bisa melihat setiap pesan, nomor kontak dan sebagainya.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya apabila ada informasi sensitif seperti pin, password atau bahkan nomor rekening yang tersimpan dalam pesan di aplikasi whatsapp.

Selanjutnya adalah bagaimana caranya agar nomor wa kita tidak mudah disadap. Whatsapp tentunya sudah menyediakan berbagai opsi untuk meningkatkan keamanan dan memberi rasa nyaman pengguna. Fitur-fitur keamanan ini secara default tidak aktif, sehingga pengguna harus melakukan pengaturan sendiri jika ingin mengaktifkan fitur tersebut.

Berikut adalah 5 Cara Mencegah WA agar Tidak Mudah Disadap

1. Verifikasi 2 faktor


cara mengetahui wa disadap

Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan ikuti 6 langkah dibawah ini.

1. Klik titik 3 di pojok kanan atas aplikasi whatsapp
2. Pilih Setting > Account > Two-step Verification.
3. Klik tombol “Enable”
4. Masukkan 6 digit kode rahasia
5. Konfirmasi kembali 6 digit kode rahasia
6. Masukkan Email untuk pemulihan jika lupa

Setelah fitur ini aktif, keamanan akun Anda menjadi berlapis karena setiap pengguna yang akan masuk ke perangkat baru dengan nomor yang sama harus mengkonfirmasi 6 digit kode rahasia tersebut.

2. Pemindai sidik jari


cara mengetahu wa disadap

Berikut langkah langkah Untuk mengaktifkan fitur ini.

1. Klik titik 3 di pojok kanan atas aplikasi whatsapp
2. Pilih Setting > Account > Privacy > Fingerprint lock
3. Aktifkan Fingerprint lock dengan menggeser switch button ke kanan
4. Rekam sidik jari

Ada 3 pilihan waktu untuk lock aplikasi otomatis jika tidak ada aktifitas, silahkan sesuaikan pilihan Anda.

Jika fitur ini aktif, setiap akan masuk aplikasi WhatsApp kita akan diminta untuk merekam sidik jari terlebih dahulu, sehingga ini menjamin hanya pemilik sah saja yang bisa membuka akun mereka.

3. Logout Whatsapp Web

Anda bisa mengetahui perangkat apa saja yang terhubung dengan whatsapp Anda dengan cara sebagai berikut.

1. Pada posisi Tab Chats aktif, silahkan klik titik 3 di pojok kanan atas aplikasi whatsapp
2. Pilih Menu WhatsApp Web
3. Muncul daftar semua perangkat yang terhubung dengan WhatsApp Anda
4. Klik Log out from all devices

4. Install Ulang Whatsapp

Apabila akun wa Anda dibajak, Anda bisa mengambil kembali akun Anda dengan cara melakukan install ulang aplikasi dan mendaftarkan kembali nomor yang disadap tersebut tetapi dengan catatan Anda masih memakai nomor tersebut untuk keperluan verifikasi.

5. Nonaktifkan Akun Whatsapp

Agar akun wa Anda yang sudah dibajak tidak bisa digunakan oleh pelaku segera nonaktifkan akun wa tersebut.

Untuk menonaktifkan akun wa silahkan kirim email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan frasa “Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya” di badan email.

Setelah penonaktifan berhasil, Anda memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda sebelum dihapus sepenuhnya.

Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui wa disadap dan juga bagaimana mencegah atau mengembalikan akun wa yang disadap.

Semoga pembaca tetap waspada terhadap segala ancaman para pelaku kejahatan dunia maya yang bisa saja menyasar kita jika kita tidak berhati-hati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untu kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *