1. Home
  2. /
  3. teknologi
  4. /
  5. Gaji Seorang Programmer

Gaji Seorang Programmer

Gaji Programmer di Indonesia dan Luar Negeri

Pada postingan akan dibahas sesuatu yang mungkin sensitif karena membicarakan soal gaji yaitu tentang gaji seorang programmer. Hampir semua orang bercita-cita ingin menjadi orang kaya. Sering kali seorang anak saat usia sekolah dasar, ketika ditanya oleh orang tua atau guru tentang cita-citanya, maka yang paling sering jawaban si anak adalah dokter, tentara, polisi, pilot ataupun guru. Belum pernah mendengar ada anak yang bercita-cita menjadi programmer, tapi gak tau ya kalau anak zaman now, mungkin ada diantara mereka yang bercita-cita menjadi programmer karena mereka lahir di zaman yang serba digital atau paling gak karena mereka sering bermain game, mungkin terbersit di benaknya ingin membuat game sendiri. Menjadi seorang programmer saat ini sangat menjanjikan karena salah satu alasan adalah rate gaji programmer yang tinggi.

Selayang Pandang

Di zaman now saat ini, teknologi informasi (IT) sangat dibutuhkan hampir di semua aspek aktifitas sehari-hari masyarakat ataupun industri. Saya pribadi, yang kalau dalam istilah generasi X,Y,Z termasuk ke dalam generasi Y (milenial) atau generasi yang lahir dikisaran tahun 1980 sampai 1990, sangat merasakan perbedaan gaya hidup, sosial dan budaya masyarakat antara tahun 1980-1990, atau awal tahun 2000 dengan saat artikel ini ditulis (2021). Pada zaman saya kecil, handphone dan internet belum tersedia, tidak ada yang namanya toko online, youtube maupun media sosial seperti facebook, twitter, instagram atau bahkan tiktok yang mulai populer. Namun saat ini produk-produk IT tersebut tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari dan bahkan IT sudah mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat dewasa ini.

Karena peran IT yang sangat penting, banyak perusahaan-perusahaan startup yang bergerak di bidang IT berdiri, dibentuknya divisi-divisi IT di berbagai industri dan juga dibukanya berbagai universitas atau jurusan-jurusan yang akan melahirkan generasi yang kompeten di bidang IT. Tentunya dari ini semua akan membuka kesempatan kerja atau lowongan kerja yang lebih banyak lagi seiring dengan bertambahnya posisi-posisi kerja yang baru yang ditawarkan oleh perushaan. Beberapa posisi yang biasanya dibutuhkan di bidang IT seperti progammer, system analyst, system administrator, atau database administrator.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas salah satu posisi yang banyak dibutuhkan oleh industri dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 yaitu programmer, siapa itu programmer dan gambaran besaran gaji programmer di Indonesia dan Luar Negeri.

Siapa yang dikatakan Programmer

Menurut wikipedia, programmer atau pemrogram adalah sebutan profesi bagi seseorang yang menulis program dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk merancang sebuah aplikasi atau suatu sistem.

Biasanya dalam membangun sebuah aplikasi atau sistem, seorang programmer memiliki tugas dan tanggung jawab mulai dari menganalisa kebutuhan aplikasi, membuat atau merancang pemodelan sistem (Flowchat, UML atau ERD), menulis kode program, melakukan testing dan debugging sampai dengan deployment aplikasi ke production (live).

Jika dilihat dari bagaimana sebuah aplikasi yang dibangun itu bekerja, apakah aplikasi yang dibangun berjalan melalui browser atau harus diinstall terlebih dulu di komputer, maka profesi programmer digolongkan menjadi beberapa jalur seperti Web Programmer, Dekstop Programmer, Mobile programmer dan sebagainya.

Bagaimana untuk Menjadi Programmer

Untuk menjadi programmer maka syarat pertama yang harus dimiliki adalah memiliki pengetahuan atau keterampilan bahasa pemrograman tertentu.

Ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan saat ini seperti PHP, Java, Python, Javascript, C, C++,C#, Swift, Kotlin dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi tidak semua bahasa pemrograman tersebut harus dikuasai oleh seorang programmer, cukup satu atau beberapa bahasa pemrograman saja yang memang berkaitan dengan spesialisasi programmer dari produk aplikasi yang akan dibuat.

Misal, programmer dengan spesialiasi Aplikasi Web Based atau Web Programmer, maka dia harus menguasai salah satu server side scripting seperti PHP dan juga bahasa markup untuk membuat atau memformat tampilan (UI) seperti HTML atau CSS serta juga harus menguasai Javascript agar aplikasi yang dibuat lebih hidup atau interaktif. Jadi untuk menjadi seorang Web Programmer, minimal dia harus menguasai PHP, HTML atau CSS, dan Javascript.

Selain mengetahui bahasa pemrograman, syarat menjadi programmer lainnya adalah menguasai algoritma, menguasai jaringan komputer, mengerti tentang server, mampu mendesain layout dan juga database, menguasai sistem opersi, menguasai version control atau tool untuk projek manajemen dan lain sebagainya.

Orang Terkaya dengan Latar Belakang Programmer

Beberapa tahun belakangan, daftar 10 besar urutan orang terkaya di dunia yang dikeluarkan majalah forbes selalu diisi oleh orang-orang dengan latar belakang IT atau perusahaan dibidang IT. Sebut saja misalkan Bill Gates sang pendiri Microsoft, Mark Zuckerberg sang pendiri situs media sosial terbesar dunia yaitu Facebook, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan duo pendiri raksasa mesin pencari Google.

Bill Gates, Mark Zuckerberg, Larry Page dan Sergey Brin merupakan sedikit contoh dari orang-orang terkaya di dunia yang memiliki latar belakang programmer. Dari sentuhan tangan mereka, lahirlah produk-produk yang mengubah tatanan hidup masyarakat dunia. Windows, Facebook, Google, kesemuanya tidak pernah lepas dari aktifitas keseharian manusia di dunia dewasa ini.

Bill Gates

Bernama lengkap William Henry “Bill” Gates III, adalah sosok pendiri Microsoft bersama temannya bernama Paul Allen pada tahun 1975.

Bill Gates mulai tertarik dengan komputer pada saat usia belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi ketika ia berusia 13 tahun.

Pada saat itu di sekolahnya, Lakeside School, membeli beberapa komputer untuk para siswanya. Melihat komputer tersebut, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya. Ia tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna dan menulis program komputer pertamanya di sini menggunakan bahasa pemrograman BASIC.

Saat ini Bill Gates menempati peringkat 4 orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan mencapai $131,6 miliar atau sekitar Rp 1,9 kuadriliun (per 31 Juli 2021).

Mark Zuckerberg

Memiliki nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg, Mark Zuckerberg adalah seorang pemrogram komputer yang dikenal sebagai pendiri situs media sosial terbesar di dunia yaitu Facebook.

Facebook didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg bersama keempat temannya yang merupakan mahasiswa Harvard.

Inspirasi yang mengawali berdirinya Facebook yaitu berasal dari direktori mahasiswa atau buku angkatan yang dipublikasikan Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta tempat dimana Zuckerberg pernah bersekolah. Dengan direktori tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka sehingga direktori semacam itu menjadi bagian penting dari pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta.

Saat ini Mark Zuckerberg menempati posisi 5 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai $128,2 miliar atau sekitar Rp 1,8 kuadriliun (per 31 Juli 2021).

Larry Page dan Sergey Brin

Larry Page bersama Sergey Brin dikenal sebagai duo pendiri mesin pencari internet Google pada tahun 1998.

Pada saat menjadi mahasiswa program doktor ilmu komputer di Universitas Stanford, Page bertemu Sergey Brin. Pada awalnya mereka merasa tidak cocok. Hal ini disebabkan karena perbedaan dari setiap topik yang mereka bicarakan. Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine).

Saat ini untuk urutan orang terkaya di dunia, Larry Page menempati peringkat 6, sedangkan Sergey Brin menempati posisi 8. Jumlah harta kekayaan masing-masing dari mereka yaitu $115,2 miliar dan $111,5 miliar (per 31 Juli 2021) .

Gaji Programmer di Indonesia dan Luar Negeri

Dibagian artikel selanjutnya akan sedikit diulas seberapa besar penghasilan yang bisa didapat seorang programmer. Sebagai perbandingan juga akan dipaparkan besaran nominal gaji dari perusahaan perusahaan raksasa teknologi dan rata-rata penghasilan seorang programmer di Indonesia saat artikel ini ditulis.

Daftar Perusahaan yang Memberikan Penghasilan atau Gaji Programmer dengan Rate Tinggi

Seperti yang dikutip dari situs https://www.comparably.com/, berikut daftar perusahaan dan besaran gaji atau penghasilan yang didapatkan oleh seorang programmer, developer atau software engineer.

Google

Rata-rata Programmer di Google menghasilkan $156.806 per tahun atau sekitar Rp 2,3 milyar per tahun, yang mencakup gaji pokok $121.898 atau sekitar Rp 1,8 milyar dengan bonus $34.908 atau sekitar Rp 500 juta. Total kompensasi ini adalah $49.679 lebih banyak dari rata-rata Programmer di Amerika Serikat. Gaji Programmer di Google berkisar dari $80.746 – $430.000 atau sekitar Rp 1,2 milyar – Rp 6,2 milyar.

Facebook

Programmer facebook rata-rata mendapatkan gaji atau penghasilan $148,640 dalam setahun atau jika dirupiahkan kurang lebih sekitar Rp 2,1 milyar per tahun. Jumlah tersebut meliputi gaji pokok sebesar $128,378 atau Rp 1,8 milyar dan bonus sebesar $20,262 atau sekitar Rp 290 juta. Untuk besaran gaji programmer di facebook itu berkisar dari $80,000 sampai $300,000 atau jika dirupiahkan Rp 1,2 milyar sampai Rp 4,3 milyar.

Microsoft

Para Programmer di Microsoft mendapatkan rata-rata $136.877 per tahun atau sekitar Rp 2 milyar per tahun, yang mencakup gaji pokok $121.962 atau sekitar 1,8 milyar dengan bonus $14.915 atau sekitar Rp 200 juta. Kompensasi total ini adalah $29.750 lebih dari rata-rata Programmer di AS. Gaji Programmer di Microsoft dapat berkisar dari $74,000 – $188,000 atau sekitar Rp 1,1 milyar – Rp 2,7 milyar.

Gaji Programmer di Indonesia

Sebelumnya kita sudah melihat besaran penghasilan yang di dapat seorang programmer di perusahaan raksasa teknologi. Jika dilihat dari nominalnya, Google memberikan salary yang paling tinggi dibandingkan dengan Facebook dan Microsoft.

Melihat angka nominal gaji yang fantastis seperti tentu sangat menggiurkan sehingga mungkin akan banyak yang bercita-cita ingin menjadi seorang programmer. Tetapi itu adalah penghasilan programmer di perusahaan raksasa di Amerika Serikat, lantas bagaimana dengan besaran gaji dari perusahaan teknologi lainnya yang mungkin masih berstatus startup dan berlokasi di luar AS seperti di negara kita Indonesia.

Dibawah ini adalah besaran penghasilan beberapa profesi programmer di Indonesia yang didapat dari situs indeed pada saat artikel ini dibuat.

Application Developer

Rata-rata besaran gaji yang didapat untuk posisi Application Developer yaitu sekitar Rp 5.574.988 per bulan atau jika dihitung selama 1 tahun yaitu sekitar Rp 66.899.856 per tahun. Nominal gaji tersebut bervariasi tergantung perusahaan dan lokasi daerah. Lokasi Jabodetabek memberikan besaran yang lebih tinggi dibandingkan lokasi lainnya.

Web Developer

Web Developer mendapatkan gaji rata-rata sekitar Rp 6.275.854 per bulan atau sekitar Rp 75.310.248 per tahun.

Mobile Developer

Besaran gaji rata-rata yang bisa didapatkan oleh seorang Mobile Developer yaitu sekitar Rp 9.755.783 per bulan.

Front End Developer

Rata-rata gaji untuk seorang Front End Developer adalah Rp 10.259.136 per bulan di Jakarta.

Back End Developer

Rata-rata gaji untuk seorang Back End Developer adalah Rp 9.576.904 per bulan di Jakarta.

Angka-angka besaran gaji yang sudah disebutkan untuk beberapa posisi Programmer di atas tentu sangat dipengaruhi oleh perusahaan dan lokasi kerja serta pengalaman kerja programmer. Junior Programmer dengan Senior Programmer jelas mendapatkan penghasilan berbeda. Semakin banyak pengalaman dan skill yang dimiliki tentu semakin besar gaji yang akan didapat.

Penutup

Jika kita bandingkan dengan melihat besaran gaji yang didapat programmer di Indonesia dengan perusahaan raksasa teknologi di AS tentu terdapat jurang pemisah yang sangat lebar.

Perusahaan di Indonesia memang masih memberikan gaji yang terlalu kecil bagi profesional di bidang IT, mungkin karena sebagian besar industri masih belum terlalu melek teknologi atau penerapan IT nya masih kurang alias masih banyak dilakukan secara manual sehingga belum terlalu menganggap penting kehadiran tenaga di bidang IT tersebut.

Kita semua sebagai “kuli” IT ini berharap semoga ada peningkatan standar salary bagi para pekerja IT apalagi saat ini Indonesia sudah mengarah kepada Revolusi Industri 4.0 sehingga pasti membutuhkan profesional IT untuk mewujudkannya.

Semoga postingan “Gaji Programmer di Indonesia dan Luar Negeri” ini bisa menjadi motivasi bagi siapa saja yang ingin terjun menjadi profesional di bidang IT khususnya profesi seorang Programmer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *