Jaringan 5g di Indonesia

Jaringan 5g di Indonesia

Indonesia telah memasuki era 5G. Dengan penawaran internet super cepat dibandingkan dengan pendahulunya, layanan 5G tidak cocok jika hanya untuk streaming film atau obrolan whatsapp.

Direktur Utama Smartfren Merza Fachys menjelaskan bahwa teknologi 5G menjanjikan banyak hal, mulai dari kecepatan Internet, kapasitas, latensi yang jauh lebih unggul dari 4G.
“5G ini bukan hanya layanan yang baru saja dinikmati di ponsel, hanya untuk melihat film, video terutama hanya mengobrol. Sayang sekali,” kata Merza, Kamis (17/2021).

“Kita harus tahu betul bahwa teknologi ini untuk kemajuan dan pengembangan negara. Bukan hanya sifat hiburan atau obrolan, karena teknologi sebelumnya tidak ada kurangnya untuk kebutuhan seperti ini,” jelasnya.

Sebagai penyelenggara jaringan telekomunikasi, Smartfren mengungkapkan kesiapannya untuk menampung layanan 5G secara komersial kepada pengguna.

Seperti saat ini, Smartfren kembali melakukan uji coba 5G dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menggunakan pita frekuensi 26 GHz.

“Smartfren sendiri teknologi siap untuk menyebarkan 5G,” kata Merza.
Berbicara ketika Smartfren secara resmi menjual layanan 5G, Merza tidak mengungkapkannya secara detail. Dia hanya menjawab dalam waktu dekat.

Operator Jaringan 5g di Indonesia

Sejauh ini hanya ada dua operator seluler yang telah memegang layanan komersial 5G, yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Jika Telkomsel telah mempresentasikan 5G di berbagai daerah secara terbatas, Indosat hanya akan memformalkannya minggu depan.

Perusahaan telah mengantongi restu Kementerian Komunikasi dan informasi dalam bentuk Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai persyaratan yang diperlukan sebelum menjual 5G kepada pelanggan.
SKLO diberikan oleh Kominfo setelah operator seluler dianggap berhasil melalui tahapan ULO.

Disadur dari https://inet.detik.com/telecommunication/d-5609889/jangan-pakai-5g-kalau-cuma-buat-whatsapp-an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *