1. Home
  2. /
  3. tips komputer
  4. /
  5. Tips Komputer Tidak Lemot Karena Windows 10

Tips Komputer Tidak Lemot Karena Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis. Masalah yang sering muncul adalah sistem operasi ini menjadi lambat setelah beberapa waktu pemakaian atau setelah instalasi sistem operasi.

Penyebab Windows 10 menjadi lambat bisa diakibatkan karena terlalu banyak sampah yang menumpuk di harddisk. Sampah tersebut berasal dari bekas instalasi atau update windows yang tidak dihapus. Selain itu juga sampah bisa berasal dari pemakaian mesin pencarian seperti chrome untuk youtube, download film dan lain sebagainya, dan mungkin yang paling parah datang dari game online dan itu tidak bisa hilang jika kita menghapusnya secara manual.

Selain masalah komputer yang lambat, biasanya laptop atau komputer setelah diinstal ulang windows 10, tampilan tidak langsung terupgrade.  Umumnya hal ini disebabkan karena belum update graphic driver.

Berikut beberapa tips agar komputer tidak lemot dan tampilan bisa langsung terupgrade setelah diinstal windows 10.

Update Graphic Driver

Untuk melakukan update graphic driver, silahkan klik kanan This PC  > propertise > Device Manager > Display Adapters > Klik Kanan Update Driver > Klik Search. Setelah itu akan muncul pilihan seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan pilih yang pertama yaitu pencarian driver secara otomatis sehingga sistem melakukan update driver secara otomatis.

Tips Komputer Tidak Lemot Karena Windows 10

Hapus File Sampah

Jika sudah dilakukan update graphic driver tetapi masih lambat, maka berikutnya yang harus kita lakukan yaitu menghapus file sampah yang ada di harddisk komputer atau laptop dengan cara:

Tekan Logo Windows+R > Tekan shift % > Ketikan temp > lalu tekan shift % > Kemudian akan tampil semua file sampah dan hapus semua file file sampah tersebut.

Klik File Explorer > This PC > Local Disc C > Klik Kanan > Propertise > Disc Clean Up, tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul tampilan, cek list yang ada filenya, dilihat jika size nya tidak 0. Kemudian klik OK dan pilih delete file.

Setting Performance

Masuk ke file explorer > Klik This PC > Klik kanan > Propertise > Advance > Performance > Setting Adjust for Best Performance

Demikian beberapa tips yang bisa kamu praktekan agar komputer atau laptop tidak lemot setelah diinstal windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *